10 orang " BAPAK " teknologi yang terlupakan


Dalam bidang teknologi kita mengenal beberapa nama yang cukup populer seperti Tim Berners-Lee sang 'Bapak' Web, Vint Cerf sang 'Bapak' Internet dan Bob Metcalfe sang 'Bapak' Ethernet. Mereka dikenal dan diakui secara luas oleh publik dengan penemuan mereka dalam bidang teknologi dan dianggap berjasa besar dalam memajukan dunia teknologi.

Tetapi selain mereka yang populer serta dikenal luas oleh publik, ternyata masih banyak tokoh-tokoh di bidang teknologi lainnya yang tidak populer padahal penemuan mereka pun tidak kalah pentingnya bagi kemajuan teknologi di dunia.

Apakah kalian tau siapa mereka?
Dan siapa sajakah mereka itu?

inilah 10 orang “ BAPAK “ yang berjasa dalam dunia teknologi:

1. Marty Cooper
Sang 'Bapak' telepon mobile (bergerak) atau ponsel. Cooper dianggap sebagai penemu telepon seluler pertama di dunia dan orang pertama yang melakukan panggilan ke sebuah prototipe ponsel pada 3 April 1973 di depan para reporter dan para pejalan kaki di jalan kota New York.

2. Mike Lazaridis
Apakah kita salah satu pengguna BlackBerry dan apakah kita kenal siapa penemu BlackBerry? Dialah Mike Lazaridis, seorang Yunani yang lahir di Turki dan besar di Kanada. Mike Lazaridis drop-out dari kuliah dan kemudian mendirikan RIM, perusahaan pembuat BlackBerry.

3. Tony Fadell
iPod adalah salah satu produk Apple yang paling laris di pasaran dan konon katanya kebangkitan Apple salah satunya adalah keberhasilan mereka dalam memasarkan iPod. Tapi tidak banyak yang tahu bukan siapa sebenarnya penemu iPod itu. Penemunya adalah Tony Fadell, orang Amerika yang berasal dari turunan Lebanon. Saat ini Fadell menjadi penasihat dari CEO Apple Steve Jobs.

4. John Backus
Bahasa pemrograman Fortran sangat terkenal pada zamannya. Fortran dianggap sebagai bahasa pemrograman komputer yang digunakan secara luas di dunia dan John Backus-lah penemunya. John Backus adalah seorang ilmuwan di bidang komputer yang bekerja di IBM.

5. Jack Nilles
Jack Nilles dikenal sebagai 'Bapak' telecommuting dan teleworking atau pengerjaan jarak jauh. Jack Nilles telah mengembangkan dan mengevaluasi ratusan proyek telecommuting di Amerika Serikat dan telah membuat beberapa buku tentang telecommuting.

6. Doug Engelbart
Kenal dengan benda mungil yang berada di samping keyboard dan selalu kita gunakan untuk mengerjakan tugas di komputer ataupun ketika berselancar di web? Benda itu adalah mouse dan penemunya adalah Doug Engelbart, selain itu Doug Engelbart juga dikenal sebagai penemu interaksi manusia-komputer.

7. Gary Thuerk
Walaupun 'Bapak' kita kali ini mempunyai sebutan yang kurang baik, yaitu sebagai 'Bapak' spam e-mail pertama di dunia, tetapi Gary Thuerk tetap bangga akan apa yang pernah ia lakukan dulunya. Pada tahun 1978 Gary Thuerk mengirimkan spam melalui jaringan pemerintah dan komputer universitas yang disebut dengan ARPAnet.

8. John Cioffi
John Cioffi tidak menginginkan publisitas atas usahanya menemukan teknologi digital subscriber line (DSL). Ia adalah profesor di Stanford dan kini sedang fokus meneliti Dynamic Spectrum Management (DSM).

9. James Gosling
Bahasa pemrograman Java yang saat ini sedang populer merupakan buah tangan dari seorang James Gosling. Pada tahun 1992 ketika ia masih bekerja di Sun, ia menciptakan bahasa Java.

10. Vic Hayes
Vic Hayes, insinyur elektrik kelahiran Belanda yang mengepalai kelompok pengerjaan IEEE 802.11 untuk jaringan LAN. Vic berperan sangat penting dalam pengembangan standar yang berujung kepada kesuksesan jaringan LAN 802.11 wireless LAN.

0 komentar:

Posting Komentar